Minggu, 06 April 2014

SEKELUMIT CIRI-CIRI SIFAT SABAR


16 komentar:

  1. Sekelumit Ciri-Ciri Sifat Sabar
    Sebagai anggota Polri yang memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat kita harus:
    - Tidak marah jika dihina;
    - Tidak bangga jika dipuji;
    - Pandai bersyukur;
    - Tidak emosi;
    - selalu senyum;
    - Tidak marah;
    - Sabar;
    - Tabah;
    - Yakn;
    Dapat menahan diri dari melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan yang berlaku, baik dalam keadaan senang maupun sulit, mampu mengendalikan nafsu yang dapay mengguncangkan iman. orang memiliki sfat sabar Tuhanb akan memberikan manfaat yang besar di dunia dan akhirat. Sifat sabar hampir sama seperti sifat-sifat Tuhan, yaitu:
    - adil;
    - pengasih;
    - penyayang;
    - mengetahui;
    - pengendali.

    IPDA DESAK MADE OKA
    POLDA BALI

    BalasHapus
  2. Sebagai anggota Polri tidak pernah mengeluh dengan keadaan yang ada walau sesulit apapun tugas yang diemban, mau memaafkan kesalahan orang lain dan tidak pernah mengecewakan.

    AKP PUTU INDRA PUSPANI
    POLDA BALI

    BalasHapus
  3. IPDA NII MADE REWATI/POLDA BALI

    seklumit ciri-ciri sifat sabar dimaksud adalah yang mana kita sebagai Hamba Tuhan apalagi sebagai abdi negara penegak hukum, pelindung, pengayom, pelayan dan penolong masyarakat kita harus selalu senyum tidak boleh emosi, tidak marah jika dihina, tidak bangga jika dipuji, tabah dapat menahan diri dalam melakukan hal-hal yang bertentangan dengan aturan.

    BalasHapus
  4. Mohon ijin berkomentar

    Briptu feby
    Polda Bali

    Dalam peran kita sebagai anggota polri,khususnya kami yg bertugas di lalu lintas kesabaran sangatlah diperlukan,karena kami berhadapan langsung dgn masyarakat,baik itu pelayanan dikantor maupun di jalan raya, kami contohkan saat menghadapi kemarahan seorang pelanggar lalulintas yg tidak terima bila dirinya ditilang,kita tdak mungkin ikut marah menghadapi org tsb,disanalah kesabaran kita di uji,ada rasa ingin balik marah namun krn kita sadar tugas kita untuk melindungi mengayomi dan melayani masyarakat,kemarahan itu pun seketika mereda,jd sabar itu bukan berarti lemah,sabar itu bukan berarti kalah , tp sabar adalah cara kita bertahan untuk melawan amarah.

    BalasHapus
  5. AKP Titin Yanuarti, SPd, SPN Lido Polda Metro Jaya

    Assalamualaikum, mhn ijin berkomentar
    Esensi sabar itu "innalillahi wainna ilaihi rojiun
    sabar baik dalam keadaan kecukupan maupun kekurangan.
    Mainsetnya - bahwa kita di dalam posisi mengamankan dan melindungi membuang sifat-sifat arogansi melalui pendekatan bahwa dirinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat .
    kalau untuk menenangkan jiwa tentu ada dua hal doa dan pengalaman.
    sabar dalam menghadapi cacian dan hujatan pihak-pihak yang memancingnya.
    bersabar untuk sebuah kebaikan dan kebahagiaan itu terkadang tidak mengenakkan hati dalam menjalaninya namun hasilnya akan manis......

    BalasHapus
  6. Mhn ijin menambahkan komentat :
    Sabar itu ilmu tingkat tinggi, belajar setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak dan sekolahnya seumur hidup....
    Kesabaran seorang hamba akan terjaga dari kemaksiatan , konsisten menjalankan ketaatan dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.
    Sebagaimana tercantum dalam Al Quran Qs. Ar Ra'd ayat 13 : keselamatan atas kalian berkat kesabaran kalian...
    IPDA IKA HIDAYATI POLDA NTB

    BalasHapus
  7. Brigadir Santi Septiani
    Polres Cimahi - Polda Jabar

    Assalamu'alaikum wr wb
    Rasanya tiada bosannya kita berbicara tentang sabar, karena kesabaran diperlukan dalam segala aspek kehidupan kita. Dan tiang Iman yang melekat kepada rasa optimisme ialah sabar. Tanpa kesabaran maka perasaan manusia akan setiap saat menjadi korban segala persoalan yang menghimpitnya.
    Kita harus sabar dalam menerima cobaan/musibah artinya sabar, ikhlas, tidak mengeluh dan tidak putus asa tetapi mengembalikan semua itu kepada Allah SWT. Misalkan musibah ketika di beri ujian sakit, dia menerima sakitnya dengan ikhlas dan berusaha untuk mencari obatnya.
    Firman Allah SWT :
    "Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan, dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, ( yaitu ) orang-orang yang apabila di timpa musibah, mereka mengucapkan : “ Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji’uun”. QS. Al-Baqarah 155-156

    Karena itu, marilah kita sabar dan ikhlas dalam segala keadaan, yakinlah bahwa janji Allah pasti benar. Percayalah, sabar dan ikhlas, akan membuahkan kebahagiaan hidup. Semoga Allah swt memasukkan kita kedalam golongan orang-orang yang sabar, orang-orang yang diridhoi-Nya . . Amiin

    BalasHapus
  8. KOMPOL BADRIYAH, SH
    POLDA JATIM

    Sabar adalah sumber yang senantiasa membuat kita berbahagia. Segala sesuatu yang ada di alam ini mesti harus dipastikan sebagai milik Allah SWT. Karenanya ketika Allah memberikan dan mengambil kembali dari kita, hendaknya itu dimaknai sebagai batu ujian semata. Jarang sekali kita beryukur dengan ujian dari Allah SWT., padahal sangat mungkin ujian itu adalah bagian dari peringatan kepada kita untuk kembali dekat dengan-Nya dan memperbanyak amalan serta memohon doa dan ridho-Nya. Jika Allah menguji kita dengan rejeki, maka harus disyukuri dan berbagi. Demikian pula jika ketika mendapat cobaan, maka kita harus bertawakal serta meyakhini Allah SWT., akan memberikan karunia yang sangat kita harapkan. Semoga kita masuk dalam golongan orang yang sabar dan khusuk. Amien.

    BalasHapus
  9. Iptu Ruth Yeni
    Polda Jatim

    Kesabaran adalah salah satu karunia yang diberikan Tuhan bagi manusia yang tidak serta merta dan otomatis dimiliki oleh manusia, melainkan melalui proses hidup baik berupa sukacita atau kebahagian maupun masalah atau dukacita sebagaimana rencana dan kehendakNYA bagi setiap umatNYA. Setiap proses hidup tersebut membawa dampak dan pengaruh bagi setiap manusia berupa respon positif atau negatif. Respon terhadap proses hidup yang Tuhan ijinkan terjadi pada umatNYA tersebutlah yang membedakan hasil akhir atau buah pada akhirnya. Untuk dapat merespon benar dan positif terhadap proses hidup tersebut membutuhkan campur tangan Tuhan melalui penyerahan diri yang total dan berdoa meminta pertolongan serta penyertaan Tuhan agar manusia sanggup dan kuat melalui proses hidup tersebut. Penyerahan diri dan meminta pertolongan pada Tuhan itulah yang akan membawa pada buah "KESABARAN" dan keikhlasan menerima proses hidup dalam damai sejahtera dan sukacita. Meski banyak manusia yang memiliki kesabaran meski dengan kekuatannya sendiri, namun apapun yang hanya mengandalkan kekuatan diri sebagai manusia tak akan bertahan seperti membangun benteng diatas pondasi pasir. Segala karakter positif yang ingin di bangun perlu campur tangan Tuhan agar tidak menjadi kesia-siaan semata dan sesaat . Tuhan memberkati

    BalasHapus
  10. BRIPDA NILUH KADEK RIZKI RADITYANI - POLDA JAWA TENGAH

    Salam hormat, ijin berkomentar.

    Memang benar sabar itu merupakan salah satu kunci kehidupan yang jika kita gunakan dalam kehidupan, kita akan mendapatkan suatu hasil yang sangat berguna bagi diri kita sendiri dan orang disekitar kita. Terimakasih

    BalasHapus
  11. SABAR adalah Pilar kebahagiaan seorang hamba.Dengan kesabaran itulah seorang Hamba akan terjaga dari Kemaksiatan.Konsisten menjalankan ketaatan,dan tabah dalam menghadapi berbagai macam cobaan.

    AIPTU BUDI TRIJASTUTI
    POLDA JATIM

    BalasHapus
  12. Aipda Wahyuning, Polda Jabar

    Pepatah mengatakan " Orang sabar disayang TUhan "
    untuk jadilah orang yang sabar karena dengan sabar akan membawa ketenangan, kebahagiaan da ketentraman dalam menghadapi tantangan kehidupan.


    BalasHapus
  13. Menurut saya kesabaran yang tinggi sangat banyak manfaatnya walaupun manfaat itu tidak bisa terlihat secara jelas, akan tetapi sabar itu membawa saya bisa memahami akan hikmah dari setiap cobaan yg ada, keep smile.....

    BRIGADIR YUDISTIRA DIMA PUTRI
    POLDA BANGKA BELITUNG

    BalasHapus
  14. AKP Grace Harianjah
    POLDA METROJAYA

    Pepatah mengatakan "orang sabar di sayang Tuhan"
    Orang sabar selalu bijak dalam menghadapi suatu permasalahan.

    BalasHapus
  15. AKP Endang Katmiati
    POLDA METROJAYA

    Bahwa dalam menghadapi suatu masalah selalu dengan tenang dan selalu memohon petunjuk dari Allah SWT agar dikuatkan iman dan taqwa sehingga dalam mengambil keputusan tepat pada sasarannya.

    BalasHapus
  16. IPDA TRI HANDAYANI. S.H
    Polres Banyumas Polda Jateng

    Sesungguhnya SABAR akan indah jika kita selalu dekat dengan ALLAH Insya Allah....
    Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah.
    Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar.
    Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus.
    Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang.
    Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan.
    Karena janji Allah akan tepat dan pasti. Aminnn

    BalasHapus